Tag Archives: lalu lintas

Lagi-lagi Masalah di Jalan Raya

Hufftt… lagi dan lagi masalah di jalan raya muncul di headline berbagai media sosial. Yak, kali ini gue liat di timeline Facebook gue dan berbagai media online lainnya. Tentang seorang warga Yogyakarta yang bernama Elanto dengan aksinya yang menghadang rombongan konvoi moge menyambut hari Kemerdekaan RI yang ke-70. Bisa diliat video amatirnya di bawah sini:

Udah nonton? Gimana menurut lo? Pasti ada dua kubu yang pro dan kontra baik pro mas Elanto atau konvoi moge dan kontra mas Elanto dan moge. Yah itu kan hak masing-masing mau dukung siapa toh. Tapi di halaman ini, gue punya hak juga untuk mengungkapkan pendapat ya :)

Kali ini gue mendukung mas Elanto, terlepas dari undang-undang dan peraturan yang ada yang lagi didebatin itu karena pengalaman gue dengan aksi-aksi  konvoi2an kayak gini emang bikin bete bin reseh. Iyalah…karena kepentingan sebagian orang, pengguna jalan lainnya harus ngalah ngantri lebih lama di lampu merah karena dihadang atau diblokir. Kebetulan aja ini yang konvoi moge (harley), tapi gue lebih memandang ke semua konvoi jenis kendaraan baik motor kecil, gede atau mobil.

Lebih ngeselin lagi kalo lagi di jalan santai-santai eh tiba-tiba dari belakang bunyi sirene atau raungan knalpot trus nyuruh mepet ke pinggir. Gue kirain ada pejabat atau ambulans eh tau-taunya cuma motor-motor atau mobil-mobil semprul lewat. Ga asik banget deh. Yah kalo dari sikap  mereka yang seperti itu, gue sendiri bisa bilang dan mungkin saat ini bisa di-generalisasikan bahwa konvoi motor atau mobil itu rata-rata arogan! Belagu. Mau dikawal polisi (contohnya yang lagi hot itu konvoi harley di Jogja)  atau yang ga dikawal polisi (contohnya kalo bulan puasa: SOTR) semua sama aja bagi gue…kentut! Rusuh banget deh.

Di lain sisi emang ga cuma yang konvoi aja yang suka ngawur, malah kalo harian khususnya di jalanan ibukota Jakarta, eee…busettt…pemotor, angkot itu lebih gawat lagi! Gue uda hopeless banget deh sama aturan lalu lintas di Jakarta. Lha kan ada Polisi mas Leyo. AH..gue lebih hopeless lagi sama aparat yang satu ini.

Percuma dibuat undang-undang dan peraturan sebanyak apapun, wong mentalnya tempe. Yang penting gue bisa lewat dan sampe tujuan lebih cepet! Ga peduli gue lawan arah kek, naik trotoar kek, terobos lampu merah kek, yang penting gue cepet sampe! Bodo amat sama orang lain! Canggih kan!

Sama juga buat pejalan kaki, banyak kok yang nyebrang ga di zebra cross atau JPO. Kalo misal pengendara nabrak pejalan kaki yang nyebrang ga di tempatnya harusnya sih gapapa ya. Jadi adil dong.

Bisa beli kendaraan kan bukan berarti bisa beli aturannya juga. Kalo aja semua bisa menaati peraturan lalu lintas, masalah kayak gini mah ga bakalan berulang terus. Kalo mau cepet sampe yang berangkat lebih pagian lah. Coba kalo yang lagi konvoi itu  ngikutin aturan yang berlaku, pasti keren banget kan! di lampu merah berjejer Harley taat peraturan pula. Busettt…ga kebayang apresiasi masyarakat bakal kayak gimana. Jempol pasti bakal beterbangan (serem juga ye). Konvoi ga perlu arogan, konvoi yang ramah dan taat aturan yang lebih keren. Jalan kaki pun juga sehat bukan untuk buru-buru, bahayain diri sendiri dan orang lain. Respect each other!

Dirgahayu Indonesiaku!